Selamat Datang DiBLOG Saya

Kamis, 08 Mei 2014

Asal mula permainan si bola lonjong

Baiklah..
sebelum kita berbicara lebih lanjut mengenai Rugby, ada baiknya kita sedikit membahas mengenai sejarah terbentuknya olahraga ini. Tak kenal maka tak sayang? saya akan usahakan menjelaskan dengan cara yang menyenangkan!
Saya sendiri a
walnya berkenalan dengan permainan ini pada tahun 2005, saya bekerja untuk NGO asal USA dan atasan saya juga aktif di organisasi pengembang Rugby di Indonesia. Pertama kali saya melihat latihan Rugby, saya langsung tertantang untuk mencoba dan menikmatinya! Kisah saya akan kita bahas lain kali, karena sekarang kita coba bahas sejarah olahraga ini terlebih dahulu.
Sampai saat ini, ada banyak kisah yang menyatakan asal muasalnya Rugby dari permaian Gaelic Football, Caid, Harpastum, atau Cnapan. Tapi kisah yang paling populer adalah kisah William Webb Ellis di kota Rugby, Inggris. Untuk menambah seru nya cerita, saya akan menambahkan opini dan bumbu pada ceritanya. Jadi ini bukanlah kisah nyata sepenuhnya… :)

Alkisah pada tahun 1823 di kota Rugby di Inggris, William yang pada saat itu berumur 17 tahun, pada saat permainan sepak bola, merasa permainan itu sangat membosankan. Kebetulan saat itu bola nya melayang ke arah dia, dan tanpa pikir panjang dia langsung menangkap bola itu dengan tangannya! Menambah rasa kaget semua orang, dia berlari dengan membawa bola itu ke garis pertahanan lawan. Melihat hal itu tentu saja team lawan berusaha menahan William yang terlihat sangat perkasa dengan bola di tangan dan berlari dengan cepat. Beberapa lawannya melompat dan berusaha menangkapnya namun William sangat gesit melewati 3 pemain lawan. Akhirnya William dikepung oleh 4 pemain dan terlihat sudah tidak punya ruang lagi, namun teman-teman satu team nya mendadak ikut berlari dan meminta bola itu dari Willliam. Terjadilah oper operan yang sangat seru dan permainan itu menjadi sangat menyenangkan! Skor terjadi apabila pemain dapat membawa bola menembus pertahananan lawan hingga ke garis akhir pertahanan mereka.
Itulah asal muasal Rugby menjadi permainan yang termasuk olahraga yang sangat populer sekarang. nama Rugby juga diambil dari nama kota Rugby, dan piala Rugby World Cup juga diberi nama William Webb Ellis.

Patung William Webb Ellis, di Rugby School, Rugby, Warwickshire, Inggris
Seiring dengan besarnya pengaruh Inggris di dunia saat itu, seluruh negara jajahan Inggris (commonwealth) juga sangat menikmati Rugby. Terjadi perkembangan Rugby di berbagai negara di dunia.. di USA, dimodifikasi menjadi American Football, di Canada menjadi Canadian Football, di Australia menjadi Australian Football (footy).  Bahkan Rugby menjadi olahraga yang paling pesat perkembangannya di Asia saat ini.
Yang menarik adalah kenapa orang Indonesia lebih mengenal American Football daripada Rugby? Hollywood movies dan digdaya USA memang menyebar dimana. International Rugby Board sudah memiliki anggota resmi 97 Negara dan 20 Negara yang tercatata sebagai Assosiate member. Namun tetap saja American Football lebih populer. Mau membahas perbedaan olahraga ini? saya yakin banyak yang sudah membahas ini. cukup Google aja ‘perbedaan Rugby dengan American Football’ dan sudah banyak blog yang membahas ini. Blog yang saya liat cukup lengkap membahas bedanya adalah blog Berbagaihal silahkan di baca yaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar