Selamat Datang DiBLOG Saya

Sabtu, 05 April 2014

Bulu Babi


Bulu Babi Gadis

Hewan laut ini memang jadi salah satu hewan yang dihindari ketika kita lagi bermain di pantai atau berenang di laut. Soalnya duri-duri bulu babi yang menusuk bisa bikin kita gatal dan nyeri. Tapi, apa lagi ya yang kita tahu soal hewan yang juga dikenal dengan nama landak laut ini?

Si bundar berlengan
Bulu babi memiliki cangkang yang keras dan bagian dalamnya bersisi lima simetris. Binatang ini memiliki duri-duri yang bisa digerakkan yang muncul dari badannya. Duri-duri inilah yang dipakai untuk bergerak, mencapit makanan dan melindungi diri. Soalnya pada beberapa jenis bulu babi, duri-duri ini mengandung racun.

Berumah banyak
Kalau sebagian besar hewan laut biasanya hidup di kedalaman tertentu, nggak demikian dengan bulu babi. Hewan unik satu ini bisa hidup di berbagai tempat. Mulai dari di daerah pantai, di atas batu karang, di dasar laut, di dalam lumpur, sampai di muara sungai dengan cara membenamkan diri di tanah liat.

Makanan landak laut
Meskipun nggak terlihat, landak laut punya gigi yang terbuat dari kalsium karbonat yang dipakai untuk mengunyah. Gigi ini juga bisa ditajamkan sendiri, bahkan bisa untuk mengunyah batu. Untuk kelangsungan hidupnya, landak laut punya banyak makanan favorit, yaitu ganggang, ikan mati, kerang dan rumput laut.  Sementara itu, musuh bulu babi adalah kepiting, burung, siput dan manusia.

Konsumsi publik
Bulu babi kini mulai banyak dikonsumsi publik, khususnya di restoran Jepang. Nggak heran kalau kemudian penangkapan bulu babi pun semakin banyak. Hanya saja tetap mesti diingat, cara penangkapannya harus aman dan pelestariannya harus tetap dijaga supaya nggak mempengaruhi rantai makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar