Selamat Datang DiBLOG Saya

Jumat, 04 April 2014

Ikan Tiger Fish “Harimau” Cantik Dalam Air

Tiger Fish, Harimau’ Cantik Dalam Air 
Sosoknya tampak gagah dengan tubuh yang kuning kecokelatan, dihiasi loreng-loreng hitam seperti harimau loreng. Ikan yang dijuluki tiger fish ini bisa hidup dalam air laut maupun tawar.
Ketika mengunjungi rumah Anton Saksono, secara tak sengaja melihat seekor ikan berwarna kuning tua bergaris-garis hitam yang sedang “ngumpet” dalam gua buatan di akuarium. “Itu namanya tiger fish. Warnanya memang mirip harimau loreng”, kata Anton menjelaskan.
Menurut Anton, ikan harimau ini hidup hampir di seluruh muara sungai yang ada di Indonesia. Karena berasal dari muara sungai ia bisa dipelihara baik di air tawar maupun laut.
Garang Tapi Pemalu
Ikan yang punya nama lain Datnioides microlepis ini termasuk famili Lobotidae, dan banyak terdapat di perairan Thailand, Kamboja, Kalimantan, dan Sumatera. Dua tahun yang lalu Anton membeli ikan ini dari seorang pedagang di Palembang. Harganya Rp. 300.000,00/ekor, terbilang tinggi untuk ikan yang bobotnya 5 kg.
Menurut Anton, “harimau” cantik ini oleh nelayan juga dikonsumsi. Sebab selain lezat, dagingnya pun tebal dan padat. Cuma karena warnanya yang elok itu ia kini ‘naik pangkat’ menjadi ikan hias dalam akuarium. Warna ini memang cantik. Tubuhnya yang kuning tua dihiasi garis-garis hitam yang seolah-olah membelah tubuh itu menjadi 6 bagian. Dalam buku Freshwater and Marine Aquarium Fishes, tiger fish ini disebutkan punya ciri khas, yaitu garis hitam pertamanya seolah membagi dua bola matanya yang bulat itu, 3 garis lainnya membelah badannya, sementara 2 garis yang pendek terdapat pada ekornya yang juga pendek.
Baca Juga Artikel Tentang Ikah Hias Lainnya :
Di dalam akuarium panjangnya mencapai 30 cm, sementara di habitat aslinya bisa lebih panjang lagi, sampai 40 cm. Sedang di akuarium seluas 6 m x 5 m milik Anton bobotnya mencapai 5 kg.
Dilihat sepintas, ikan ini tampak tenang, berenang tidak terburu-buru. Sementara sorot matanya yang tajam membuatnya tampak berwibawa. “Sebenarnya ikan ini galak lho, tidak ada yang berani dengan dia,” lanjut Anton, yang memiliki 4 ekor tiger fish ini. Namun di balik penampilannya yang tampak ‘tenang-tenang menghanyutkan tapi garang’ itu sebenar­nya ia sangat pemalu. “Saya nggak senangnya dia itu suka ngumpet,” kata Anton sedikit kesal. Meskipun begitu di akuarium itu ia tampak sesekali muncul dari tempat persembunyiannya untuk bermain-main dengan temannya yang terdiri dari Cat fish dan Cyclid. “Dia bisa damai karena ikan catfish (Phrac-tocephalus hemilioterus) di sini ‘jagoan’ semua”, ungkap Anton sambil menunjuk beberapa Red tailnya yang panjangnya rata-rata 85 cm itu. Kalau ia dipelihara bersama ikan yang ukuran badannya lebih kecil bisa berbahaya. Tak jarang ikan kecil ini menjadi santapannya.
Perawatannya ‘Minim’
ikan tiger fish, tiger fish goliath, tiger fish papua, tiger fish for sale, tiger fish facts, tiger fish attack, tiger fish river monsters, tiger fish poisonous
Tiger Fish yang garang dan ditakuti ikan lain
Karena sifatnya yang suka “ngumpet” itu, di dalam akuarium sebaiknya disediakan tempat untuk bersembunyi, bisa dibuat dari kayu atau gua buatan yang cukup luas. Ikan yang belum bisa dibedakan jenis kelaminnya ini bisa berkembang biak dalam air tawar habitatnya. Sedang bila dipelihara dalam akuarium tampaknya belum berhasil dibiakkan.
“Perawatan ikan ini ‘minim’ sekali,” ujar Anton, yang setiap dua hari sekali cukup memberikan 10 P 15 ekor ikan mas kecil. Pakan ini sama sekali tidak boleh terlambat diberikan. Sebab bisa jadi ikan cyclid (Cichasoma centrinellum) yang badannya cukup besar namun lebih kecil dari si tiger itu disantap juga.
Kalau ikan harimaunya kelihatan agak sakit, Anton memasukkan garam dapur sebanyak 20 briket ke dalam akuariumnya. “Alhamdulillah sampai sekarang ikan ini jarang sakit,” kata Anton, Meskipun jarang sakit, si “harimau” cantik ini bisa juga stres, yang terjadi kalau airnya diganti mendadak. Bila stres warna tubuhnya yang kuning tua bergaris hitam cemerlang itu akan berubah menjadi hitam seluruhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar